Semoga Apa Yang Di Tampilakan Bermanfaat !!

Terima Kasih ( Jangan Lupa Coment and Follow) !!

Rabu, 01 Juni 2011

Arti dan Lingkup Statistik dan Statistika

Statistik (Statistic) 
Banyak persoalan, apakah hasil penelitian, riset ataupun pengamatan, baik yang dilakukan khusus ataupun berbentuk laporan, dinyatakan dan dicatat dalam bentuk angka atau bilangan. 
Kumpulan angka sering disusun, diatur, atau disajikan dalam bentuk daftar/tabel. Sering pula daftar/ tabel disertai dengan gambar yang biasanya disebut diagram/grafik supaya bisa menjelaskan lagi tentang persoalan yang dipelajari.
  
Statistik adalah penggunaan data kuantitatif yang menyatakan kumpulan data, bilangan maupun non bilangan yang disusun dalam bentuk tabel dan atau diagram, yang melukiskan atau menggambarkan persoalan.
Statistik juga dipakai untuk menyatakan ukuran sebagai wakil dari kumpulan data. 
Contoh 1.3 
Statistik penduduk, statistik kelahiran, statistik pendidikan, dsb.
Dalam hal ini, statistik menunjuk pada informasi tentang bermacam-macam kegiatan dalam bentuk angka.

Statistika (Statistics) 
Statistika adalah pengetahuan yang berkaitan dengan cara-cara pengumpulan, penyajian, analisis, dan penggunaan data numerik untuk membuat kesimpulan dan keputusan berdasarkan kumpulan data dan analisis yang dilakukan dalam keadaan ketidakpastian di bidang ekonomi, bisnis, ilmu pengetahuan sosial serta ilmu pengetahuan alam.
Sebagai suatu bidang studi, statistika mempunyai empat bagian utama, yaitu :  
-     statistik deskriptif
-      probabilitas
-     analisis pengambilan keputusan
-     statistik inferensi. 
  •       Statistik Deskriptif
Statistik Deskriptif berhubungan dengan peringkasan seperangkat data dan penyajiannya ke dalam bentuk yang dapat dipahami (lebih  menekankan pada teknik pengumpulan, pengolahan, penyajian dan penganalisisan data kuantitatif secara deskriptif guna memberikan gambaran yang teratur mengenai suatu persoalan). Perhitungan rata-rata dan distribusi frekuensi, angka indeks, dan analisis time series merupakan pokok-pokok bahasan dalam statistik deskriptif. Probabilitas
Probabilitas adalah suatu angka yang mengukur frekuensi relatif dari suatu kejadian dalam jangka panjang atau menunjukkan suatu tingkat kepercayaan. Pemakaian konsep-konsep probabilitas menjadi dasar/landasan dalam mempelajari teori keputusan secara statistik dan statistik inferensi.

  •  Teori keputusan secara statistik
Analisis keputusan secara statistik berhubungan dengan pengambilan keputusan bila alternatif-alternatif tindakan diketahui, akan tetapi hasil dari masing-masing tindakan berbeda-beda. Analisis keputusan secara statistik akan memberikan jawaban yang paling baik dalam situasi yang tidak pasti atau penuh resiko.

  • Statistik Inferensi
Statistik Inferensi adalah suatu pernyataan mengenai suatu populasi yang didasarkan pada informasi dari sampel random yang diambil dari populasi itu (tidak hanya menekankan pada teknik pengumpulan, pengolahan, penyajian dan penganalisisan data saja, tetapi juga teknik penarikan kesimpulan dan pembuatan keputusan yang dapat dipertanggungjawabkan).

0 komentar:

Posting Komentar

Popular

Followers

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites