Semoga Apa Yang Di Tampilakan Bermanfaat !!

Terima Kasih ( Jangan Lupa Coment and Follow) !!

Minggu, 22 Mei 2011

Prinsip - Prinsip MBO

Prinsip-prinsip pengelolaan kompleksi tersebut terdiri atas abstraksi (prosedural dan data), pembungkusan, asosiasi, komunikasi dengan pesan, metode organisasi, penskalaan, dan pengelompokan prilaku [COA90].
1.  Abstraksi (Abstraction)
Abstraksi: prinsip yang menganggap  bahwa aspek-aspek  dari suatu objek yang tidak relevan dengan tujuan sekarang, digunakan untuk melengkapi tujuan tsb. Mekanisme abstraksi:
a.  Abstraksi Prosedural: sering dikarakteristikkan sebagai abstraksi fungsi atau subfungsi. Pemecahan proses kedalam tahapan-tahapan merupakan suatu metode dasar dalam penanganan kekomplekan suatu proses. 

b.  Abstraksi Data: prinsip pendefinisian suatu type data dalam istilah-istilah pengoperasian yang menggunakan type tersebut dengan pembatasan terhadap nilai-nilai objek yang dapat dimodifikasi dan hanya dijalankan dengan menggunakan operasi, prinsip ini dapat menjadi suatu dasar untuk pengaturan tanggungjawab suatu sistem secara spesifik.

2.  Pembungkusan (Encapsulation)
Pembungkusan adalah suatu prinsip yang digunakan ketika pengembangan struktur program secara keseluruhan, dimana tiap-tiap komponen program harus disimpan/disembunyikan dalam  satu perancangan interaksi. Untuk tiap-tiap modul ditentukan dengan  cara mengungkapkan sebagian kecil tentang informasi kerja secara pasti. Pembungkusan membantu memperkecil pekerja-an ketika pengembangan suatu sistem baru. Jika seorang perancang “mem-bungkus” bagian dari hasil analisis yang sering berubah-ubah, kemudian mengganti sesuai dengan kebutuhan, jika ada masalah, maka masalah tersebut lebih kecil resikonya bila dibandingkan dengan tanpa “pembungkusan”.

3.  Pewarisan (Inheritance)
Pewarisan adalah suatu cara kerja yang menyatakan kesamaan diantara kelas-kelas, penyederhanaan definisi kelas yang mirip ke suatu definisi yang telah ada sebelumnya. Pewarisan terdiri dari generalisasi dan spesialisasi.

4.  Asosiasi (Association)
Asosiasi adalah penyatuan atau pengembangan ide-ide. Digunakan untuk me-nyatukan sesuatu secara bersama-sama dalam keadaan yang mirip.

5.  Komunikasi dengan Pesan (Communication with Massages)
Pesan adalah suatu komunikasi, berupa tulisan atau ucapan, pengiriman  pesan antar orang-orang. Hal ini dihubungkan dengan "pembungkusan", rincian itu merupakan kegiatan yang dilakukan dengan menerima pesan. 

6.  Metode Pengorganisasian (Pervading Methods of Organization) Metode Pengorganisasian ini meliputi tiga bagian yaitu:
a.  Perbedaan pengalaman kedalam bagian objek dan atributnya.  (object and attributes)
b.  Perbedaan antara keseluruhan objek dan komponen bagiannya.  (whole and parts)
c.  Formasi dan perbedaan antara kelas-kelas objek yang berbeda.  (classes, members and distinguishing between them) 

7.  Skala (Scale)
Skala adalah suatu prinsip yang menerapkan whole-part untuk membantu menghubungkan sesuatu yang berukuran besar tanpa perlu meliputi semuanya.

8.  Klasifikasi Tingkah Laku (Behavior Classification)
Jenis klasifikasi tingkah laku yang digunakan secara umum yaitu:
a.  Berdasarkan kepada kebutuhan yang mendesak
b.  Berdasarkan perjalanan waktu (historis)
c.  Berdasarkan fungsi

0 komentar:

Posting Komentar

Popular

Followers

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites